thumbnail-mengoptimasi-websitte

6 Cara Mengoptimasi Kecepatan Website

Kecepatan website adalah salah satu hal yang bisa menentukan bagaimana kualitas website Anda. Kecepatan loading website juga menjadi salah satu elemen penting yang dinilai oleh Google ketika akan menentukan peringkat website di Google SERP (Search Engine Result Page). Oleh karena itu, Anda secara tidak langsung juga bisa meningkatkan traffic website dan kredibilitas website.

Sebagian orang pasti bertanya-tanya, “Kenapa kecepatan website saya sangat lambat?”dan “Bagaimana cara mempercepat loading website?”.

Nah, bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara mempercepat loading website, tidak perlu khawatir, Insting Marketing sudah merangkum beberapa informasi lengkap tentang cara meningkatkan kecepatan loading website Anda pada artikel di bawah ini.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat website anda terasa lambat dan kurang optimal, diantaranya sebagai berikut.

1. Pemilihan Hosting kurang tepat

Cara-mengoptimasi-website-pemilihan-hostingLayanan hosting adalah salah satu penyebab kenapa website Anda berjalan lambat.Sebagai informasi, hosting adalah layanan online yang menyediakan fasilitas untuk pengelolaan data untuk situs atau aplikasi berbasis web yang kemudian ditampilkan ke layar pengguna melalui internet. 

Seperti yang Anda tahu,  layanan hosting adalah media utama yang membuat website kita tetap online dan bisa ditampilkan pada browser pengguna internet. Hosting memiliki peranan yang penting agar website bisa diakses dengan baik. Jika server hosting terdapat masalah maka tentunya juga dapat mempengaruhi kecepatan loading website nya juga.

Semua website, terutama website pebisnis pasti sangat membutuhkan hosting ini untuk menjalankan websitenya, jika sering terjadi masalah error dan kecepatan website maka, pengunjung website pun juga akan berkurang dan banyak yang akan hilang,

2. Optimasi gambar

Setiap artikel atau konten yang diunggah pastinya akan memerlukan gambar supaya semakin mudah teroptimasi. Nah ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan jika ingin mengompres gambar, di antaranya yaitu Convertio.com, compressjpeg.com dan masih banyak lagi.

3. Penggunaan Plugin

Cara-mengoptimasi-website-penggunaan-pluginPerhitungkan juga plugin apa saja yang sangat diperlukan. Jangan terlalu banyak menggunakan plugin karena bisa menambah beban server ketika akan diakses Pilihlah plugin sesuai kebutuhan saja. 

Nah, mau sesederhana apapun, plugin itu memakan bandwidth server. Apalagi jika plugin yang Anda pakai belum update atau tidak kompatibel dengan versi CMS. Maka hal tersebut akan semakin memperlambat performa website.

4. Terlalu banyak menggunakan Iklan

 Cara-mengoptimasi-website-terlalu-banyak-iklanSelain karena sedikit orang yang merasa terganggu dengan iklan di website, jumlah banner pemasaran yang terlalu banyak tentu saja dapat memperlambat loading.Pasalnya, setiap iklan yang ditampilkan di website memerlukan HTTP request. Jika ada terlalu banyak proses request yang terjadi saat pengunjung mengakses sebuah halaman akan membuat server kewalahan.

5. Lakukan Pembaruan

Cara-mengoptimasi-website-lakukan-pembaruan

Pengguna website pastinya mendapatkan pemberitahuan pembaruan pada website. Sebagian orang mungkin akan mengabaikannya karena dianggap tidak terlalu penting. Hingga pada akhirnya website terasa lambat.

Nah agar loading website Anda tetap maksimal, maka Anda perlu mengamati pembaruan pada sistem CMS (Content Management System). Ini sangat penting karena agar website lebih ringan sehingga dapat memperkecil kemungkinan lamanya loading pada website.

6. Maintenance pada website

Cara-mengoptimasi-website-maintenanceMaintenance pada website menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website. Dengan rutin melakukan maintenance website, kamu bisa menjaga agar performa website tetap stabil. Beberapa maintenance website yang dapat dilakukan, adalah: 

  • Menghapus komentar-komentar spam
  • Menghapus revisi postingan lama
  • Menjaga agar WordPress dan plugin selalu up to date

Kesimpulan

Kecepatan website adalah salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan demi kelancaran bisnis Anda di dunia online. Mengoptimasi kecepatan website memang tidaklah mudah. Tetapi semoga dengan adanya artikel ini semoga Anda bisa mendapatkan insight dan tau langkah apa saja yang perlu untuk Anda lakukan nantinya. 

Nah, itu dia tadi pembahasan mengenai cara mengoptimasi kecepatan website agar kecepatan loading website anda maksimal dan membuat trafik website anda meningkat. Semoga bermanfaat ya. 

 

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak CS Kami