thumbnail-website-dan-landing-page

5 Perbedaan Website dan Landing Page

Pada saat menjalankan bisnis digital, terdapat dua istilah yang perlu Anda pahami, yaitu  landing page dan website. Sebagian orang mungkin menganggap website dan landing page adalah dua hal yang sama, tapi ternyata  terdapat beberapa perbedaan yang  mungkin belum Anda ketahui.

Landing page merupakan halaman dengan pengunjung jenis kedua yang mempunyai tujuan khusus. Sementara itu, website mempunyai pengunjung jenis pertama yang hanya melihat-lihat saja.

Sekilas, memang keduanya sama-sama mempresentasikan tentang  bisnis dan bisa   dikatakan bahwa landing page adalah versi yang lebih sederhana dari website.

Akan tetapi, keduanya mempunyai  fungsi yang berbeda – beda. Agar lebih jelas, kita sudah merangkum beberapa perbedaan antara website dan landing page. Apa saja?

1. Tujuan

Perbedaan-web-dan-lp-tujuanPerbedaan yang pertama antara website dan landing page adalah tujuannya, Website dibuat sebagai halaman yang mempresentasikan bisnis, blog bisnis, ecommerce, company profile dan tujuan lainnya yang relatif banyak.

Sedangkan landing page dibuat dengan tujuan yang lebih spesifik, landing page dibuat untuk menjual produk/jasa dan mencari peluang untuk mendapatkan keuntungan.

2. Call To Action (CTA)

perbedaanweb-dan-lp-Call-to-actionCall to  action adalah tindakan berupa ajakan dari marketer yang ditujukan kepada pelanggannya, singkatnya seperti gambar, tulisan, atau ucapan yang mendorong pelanggan dan pengunjung website untuk melakukan aksi.

Landing page mempunyai CTA yang lebih sedikit. Semakin sedikit CTA, akan semakin meningkatkan konversi dan membuat landing page lebih terfokuskan.

Sementara di  website CTA nya lebih bervariasi karena website terdiri dari beberapa konten yang berbeda, karena itu membutuhkan CTA yang berbeda beda.

3. Audiens 

Perbedaan-web-dan-lp-audiens-Seperti yang sudah dijelaskan di dalam tujuan di atas tadi, website mempunyai jenis pengunjung yang hanya melihat-lihat saja. Biasanya mereka hanya ingin berkenalan lebih dulu dengan bisnis Anda. Mencari tahu seperti apa bisnis Anda, serta melihat produk/jasa apa yang Anda tawarkan.

Sementara audiens landing page lebih khusus. Biasanya seseorang mengunjungi landing page melalui sebuah link atau CTA yang dibagikan dan tertarik dengan penawaran yang diberikan. 

Pengunjung yang datang ke halaman ini biasanya berasal dari sebuah iklan berbayar ataupun dari homepage, dan mereka yang mengunjungi halaman ini sudah pasti  mereka tertarik dan mempunyai tujuan untuk membeli.

4. Konten

Perbedaan-web-dan-lp-content-Konten yang berada di website cenderung lebih ke hal yang umum dan beragam, sedangkan konten dari landing page menawarkan sesuatu yang lebih khusus dan spesifik, biasanya hanya memiliki satu call to action,

Konten sebuah landing page biasanya hanya terfokus pada promosi, penawaran, atau informasi produk yang sedang Anda tawarkan.Yang pasti konten tersebut harus sesuai dengan apa yang di iklankan.

Maka, dapat disimpulkan bahwa konten di landing page lebih spesifik dari website Hal itu disebabkan karena pengunjung sudah memiliki tujuan khusus seperti apa yang dilihatnya di iklan dan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan

5. Desain

Perbedaan-web-dan-lp-desainPerbedaan terakhir antara website dan landing page yaitu terletak pada desainnya, Keduanya memiliki desain yang berbeda beda, website memiliki berbagai macam menu yang memberikan informasi seputar bisnis.

Website mempunyai konten yang beragam dan mencakup keseluruhan website. Karena itu, desain yang diaplikasikan juga terdiri dari beberapa bagian yang saling berhubungan. 

Ada banyak tombol navigasi serta perintah untuk menuju ke halaman selanjutnya. Misalnya, terdapat tombol navigasi blog, kontak, tentang kami, dan pelayanan.

Sementara desain pada landing page jauh lebih sederhana, landing page hanya berisikan satu konten spesifik saja seperti penjelasan suatu produk atau jasa yang ditawarkan disertai dengan tombol CTA. 

Kesimpulan

Banyak aspek yang menjadi perbedaan antara keduanya.Mulai dari tujuan hingga audiens. Namun, keduanya tetap memiliki peran penting dalam sebuah bisnis yang Anda jalankan.

Untuk itu, sangat penting mengetahui perbedaan Landing Page dan Website sebelum menjalankan bisnis. Semoga halaman ini bisa membantu Anda untuk terus berusaha meningkatkan strategi bisnis dengan baik.

Jika menemukan kesulitan dalam pembuatannya, Anda bisa langsung hubungi kami melalui website instingmarketing.com dan tentunya tim kami siap membantu Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak CS Kami